Mendidik Anak, Shalat, Tidak Sombong, Lunakkan Suara

Tidak ada seorang ayah memberi anaknya sesuatu pemberian yang lebih utama dari memberikan adab (didikan) yang baik. ( HR Tirmidzi)
 
Pendidikan untuk anak yang  pertama dan utama adalah mengenal ajaran Islam. Sebab, kehidupan yang baik akan diperoleh hanya jika dijalankan sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Ajaran Islam memberikan jawaban terhadap semua persoalan dalam kehidupan didunia untuk memperoleh kebahagiaan didunia dan diakhirat. Tidak ada solusi lain yang lebih baik.

Sejak dini, anak-anak perlu mengetahui hal-hal penting untuk dilakukan. Anak-anak patut memahami, bahwa dalam kehidupan ini ada kewajiban-kewajiban yang tak boleh diabaikan.
 
Suruhlah anak-anakmu shalat waktu berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka jika meninggalkannya diwaktu berumur sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka. ( HR Ahmad dan Abu Daud)
 
Apabila anak itu sudah bisa membedakan antara kanan dan kiri, maka suruhlah mereka mengerjakan shalat. ( HR Abu Daud)
 
Anak-anak juga perlu mengetahui perbuatan atau sikap yang tidak layak dilakukan.
 
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. ( QS Luqman 18)
 
Dan sederhanakanlah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu, sesungguhnya seburuk-buruk suara  ialah suara keledai. ( QS Luqman 19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar