Hati-Hati dengan Hati

Apa itu Hati?
Apakah Hati itu sejenis benda yang terbuat dari kayu, lalu akan lapuk dimakan zaman atau akan rapuh karena digerogoti rayap?

Apakah Hati itu sebuah alat yang terbuat dari besi, yang jika kepanasan akan meleleh dan jika kedinginan akan membeku?

Apakah Hati itu seperti sendok garpu pisau yang terbuat dari stainless, ataukah seperti kawat yang akan berkarat ketika hidup sekarat?

Apakah Hati itu seumpama tulang belulang yang putih kusam dan rapuh ketika disentuh?

Apakah Hati itu seolah seonggok daging yang bisa saja membusuk jika kepanasan, atau menjadi bagus ketika di tempat dingin?

Apakah Hati adalah sebuah makhluk hidup yang punya urat nadi dan suatu saat akan mati?
Apa itu Hati? Terbuat dari apa? 

Dokter bilang, hati adanya di perut sebelah kanan bagian bawah. Berbentuk seperti gumpalan daging tapi berwarna merah jambu.

Lalu, kalau hati ada di perut sebelah kanan bawah, mengapa kalau kita sesak dan menangis, bagian sebelah dada kiri yang sakit? Kenapa pula kalau kita sakit hari semua badan terasa remuk, mata sembab, tangan lelah, kaki lemas, perut mual, kerongkongan perih, jantung berdebar, hidung berlendir, telinga berdengung, kepala pusing… Kenapa? Apa itu Hati sampai-sampai ketika dia sakit, semua bagian tubuh ikut merasa sakit.

Apa itu Hati?
“….Sesunguhnya di dalam jasad itu terdapat segumpal daging, yang apabila segumpal daging itu baik dia maka baiklah seluruh jasadnya, dan apabila segumpal darah itu rusak maka rusaklah seluruh jasadnya, ketauhilah bahwa segumpal daging itu  adalah hati.”
(hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Abi Abdillah An-numan bin Basyir)

Setiap kita (katanya) punya hati, mari jaga hati sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar